Kementerian Pekerjaan Umum

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum
(021) 72801060 ppid.djpi@pu.go.id
Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110, Gedung G

Jembatan Batam - Bintan

Nilai Investasi Rp 14,35 Triliun
Nilai Konstruksi Rp 0
0 % Equity
0 % Debt

Penanggung Jawab

PJPK Menteri PUPR

Struktur Kontrak

Design Build Finance Operational Maintenance Transfer (DBFOMT)

Dukungan dan Jaminan Pemerintah

Dukungan Konstruksi sebesar Rp 4,23 Triliun Jaminan Pemerintah sudah diajukan ke PT PII

Skema Pengembalian Investasi

Usercharge

Keterangan

PPP Book,

Jembatan Batam - Bintan

Deskripsi

Jembatan Batam - Bintan merupakan bagian dari Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional Kementerian PUPR Tahu 2020 - 2040. Pembangunan Jembatan Batam – Bintan akan meningkatkan daya saing dan daya tarik investasi internasional di Pulau Batam dan Pulau Bintan sebagaimana tercantum dalam rencana induk pengembangan kawasan perdagangan bebas dan Pelabuhan bebas Batam, Bintan dan Karimun.

Progres Proyek Data Per 06/08/2024

  • Lahan di Pulau Tanjung Sauh dan Bintan telah seluruhnya dibebaskan oleh Pemprov Riau. Lahan di Batam telah diserahkan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam kepada Pemprov Riau.
  • Berdasarkan Nota Dinas Dirjen PI kepada Menteri PUPR Nomor 179/ND/Dp/2023 tanggal 23 Oktober 2023, disampaikan terkait alternatif skema pengusahaan proyek Jembatan Batam-Bintan, yaitu:
    • SBOT 25,44% + MRG
    • SBOT 74%
    • KPBU O&M dan Monetisasi Aset
  • Proses persiapan loan appraisal porsi dukungan Pemerintah oleh AIIB sebagai calon lenders, saat ini mengalami stagnansi karena belum adanya kepastian pada beberapa readiness criteria, antara lain:
    • Skema pengusahaan Jembatan Batam-Bintan; dan
    • Pemenuhan Soil Investigation, DED, dan kesesuaian dokumen lingkungan sebagaimana ketentuan AIIB.
  • Pekerjaan Soil investigation sedang dilakukan oleh DJBM yang ditargetkan selesai pada Q4 2024.
  • Berdasarkan rapat pembahasan terakhir bersama Ditjen Bina Marga dan BPJT pada tanggal 26 Juni 2024, skenario pengusahaan Jembatan Batam-Bintan yang direkomendasikan adalah KPBU O&M dan Monetisasi Aset yang berdampak pada pengenaan tarif awal operasi lebih rendah, yaitu sebesar Rp 150.000 (sistem tertutup).

Dukungan dari Menteri PUPR dan/atau Unor terkait :

  • Pekerjaan Soil Investigation
  • Prioritas Pembangunan dan Kepastian Skema Pengusahaan

Kelayakan Ekonomi

EIRR 0 %
ENPV 0
BCR 0

Kelayakan Finansial

FIRR 0 %
FNPV 0
WACC 0 %

Readiness Criteria

PPP Book
FS
Basic Design
AMDAL
LARAP
KA Andal
DPPT
Usulan Penlok
Dokumen Pengadaan BUP

Menambahkan Review

Rating:

Review Proyek

Leslie Alexander

March 20, 2023 at 2:37 pm

Phasellus eget fermentum mauris. Suspendisse nec dignissim nulla. Integer non quam commodo, scelerisque felis id, eleifend turpis. Phasellus in nulla quis erat tempor tristique eget vel purus.

Leslie Alexander

March 20, 2023 at 2:37 pm

Phasellus eget fermentum mauris. Suspendisse nec dignissim nulla. Integer non quam commodo, scelerisque felis id, eleifend turpis. Phasellus in nulla quis erat tempor tristique eget vel purus.

Registrasi

Image Structure

Gambar

Struktur Proyek

Linimasa Proyek

Studi Pendahuluan
Jun 2020
Outline Business Case
Dec 2023
Final Business Case
Jul 2024
Persiapan Lelang
Oct 2024
Prakualifikasi
Dec 2024
Request for Proposal (RfP)
Mar 2025
Penetapan Pemenang
Mar 2025
Penandatanganan Perjanjian KPBU
Sep 2025
Financial Close (FC)
Dec 2027
Konstruksi
Jan 2075
Operasi